Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Piring : ritual syukur menjelma akrobatik yang memukau. Berani menginjak piring pecah ?

leave a comment »

Membawa 2 piring saja, kita sudah berdebar, takut jatuh dan pecah. Apalagi, sambil berlari, melompat, berguling dan menginjak pecahan kaca. Meski dibayar mahal, saya masih pikir-pikir dulu. Tapi para penari ini, demi melestarikan seni tradisi daerahnya, rela melakukannya dengan riang. Jika anda makan di restoran Padang, melihat mereka membawa piring bertingkat penuh makanan tanpa tercecer sedikit pun, anda jangan heran. Urusan piring dan hidangan, mereka memang jagonya. ( foto : ervan nanggalo )

Berasal dari Solok, Sumatera Barat. Berusia ratusan tahun. Tari tradisional khas Minangkabau ini awalnya berupa ritual syukur warga atas hasil panen yang melimpah. Beberapa gadis cantik berbusana elok membawa sesaji makanan dalam piring dengan langkah dinamis. Piring dimainkan dengan cekatan seraya bergerak lembut teratur.

Setelah kedatangan Islam, tari Piring ditampilkan pada pesta adat, pernikahan, dll. Pemerintah provinsi Sumatera Barat kemudian menjadikan tari Piring, salah satu aset penarik wisatawan. Tari Piring pernah dipentaskan di Jakarta, Medan, Pekanbaru, Malaysia, Singapura, Serbia, dll, dalam festival kebudayaan Indonesia dan promosi budaya nusantara ke mancanegara.

Tari Piring yang dibawakan Suzana Orlic, mantan peserta program Dharmasiswa, memukau publik Serbia. Mereka berdecak kagum ketika Suzana menari di atas pecahan piring. Di atas pecahan kaca, para penari Piring biasa melompat dan berguling tanpa piring terlepas dari genggaman. Hebatnya, mereka tidak terluka dan piring tidak jatuh. Istimewa, kan ?

Tupai bagaluik ( tupai bergelut ), bagalombang ( bergelombang ) dan aka malilik adalah beberapa variasi gerakan dalam tari Piring. Para musisi memandu para penari dengan musik tradisional Minangkabau, seperti  talempong, bansi. Irama musik, awalnya, terdengar lembut dan teratur, lalu berangsur lebih cepat. Kombinasi musik cepat dan gerak lincah penari membuat tari istimewa ini menakjubkan.

Grup kesenian Tari Piring ada di tiap kecamatan dan kabupaten di Sumatera Barat. Mereka siap tampil menghibur masyarakat  pada acara-acara besar di sana. Apakah anda siap terpesona ?

Written by Vitra AB

07/09/2011 pada 17:52

Ditulis dalam tari tradisi

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s