Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Juli 2010 : pertunjukan seni tradisi di MPRJB. 15 pondok sanggar berlatih.

leave a comment »

Di area MPRJB inilah, Juli nanti kita dapat menikmati seni tradisi nusantara, khususnya dari tanah Parahyangan. Seniman mendapat tempat representatif menunjukkan kepiawaiannya. Warga Bandung dan wisatawan mendapat tempat rekreasi baru, sekaligus mengasah rasa kebangsaan. Tunggu tanggal mainnya, ya ..

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 3 milyar untuk revitalisasi seni tradisi. Selain itu, pemprov secara khusus mengalokasikan Rp 900 juta untuk menampilkan seni tradisi di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ( MPRJB ), kata Herdiwan Iing Suranta, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, usai membuka seminar internasional “Menumbuhkembangkan Local Wisdom Sebagian Bagian dari Potensi Keunggulan Kultur Bangsa2 ASEAN” di Hotel Preanger.

Kita mempunyai komitmen untuk terus merevitalisasi kesenian tradisional yang akan punah, ujarnya. Revitalisasi seni tradisional untuk sementara diarahkan pada bantuan pembangunan 15 pondok seni di 3 zona budaya. Bantuan ini sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada mereka yang berkecimpung dalam kesenian ( seniman ) serta mengembangkan kesenian tradisional dengan sukarela. Sebagian besar adalah seniman yang tidak punya sanggar seni untuk berlatih. Dari 3 milyar, masing2 pondok seni mendapat Rp 200 juta. Pembangunannya diawasi langsung oleh asosiasi arsitektur Indonesia. Konsep pembangunan pondok disesuaikan dengan daerah masing2.

Rencananya, akhir Mei seluruh padepokan seni ini sudah diluncurkan. Hanya, tempatnya belum dipastikan, kata Herdiwan. Sedangkan uang Rp 900 juta untuk menampilkan seni tradisi dari kabupaten/ kota hasil revitalisasi di MPRJB selama seming dalam sebulan. Rencananya, program ini akan dimulai Juli mendatang. ( PR, 27/4/2010 )


Written by Vitra AB

24/05/2011 pada 00:26

Ditulis dalam tempat seni

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: