Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Kota Tasikmalaya mendadak berlomba perepet jengkol.

leave a comment »

Parepet Jengkol, siapa yang kangen ? Penggemarnya sudah dewasa sekarang. Di acara lomba permainan anak Sunda, bisa nostalgia. Seraya mewarisi 'ilmu' dan kesenangannya pada anak. Ayuk, barudak ..

Gatrik, gampar, perepet jengkol. Apaan tuh ? Anda yang lahir di bawah tahun 1970-an, pastinya terkenang-kenang dengan permainan anak2 Sunda ini. Anak sekarang yang suka bermain game online, berinternet ria bisa ternganga jika ditanya permainan populer era 1970-an tersebut. Apalagi panggal, kelom batok, bedil jepret, jajangkungan, engkle dan rorodaan. Never heard. Maklum, hampir punah.

Nah, bagaimana kalau Kota Tasikmalaya mendadak melombakan permainan2 itu ? Seru. Seluruh utusan kecamatan mengirimkan kelompok anak-anaknya mengikuti lomba langka itu. Acara “Pasanggiri Kaulinan Urang Lembur di Situ Gede, Kec.Linggajaya, Kota Tasikmalaya, dibludaki pengunjung ( 1/7/2010 ). Penggagasnya, para seniman dan dinas terkait di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kata Enung Sudrajat, anggota panitia pelaksana.

Mengisi liburan, sekaligus melestarikan mainan tradisi kaya kreasi dan kemahiran. Sangat menyenangkan untuk dimainkan secara berkelompok, beramai-ramai. Lomba yang amat bermanfaat. Ajang mendidik dan bersosialisasi. Asep, Kabag Humas Pemkot Tasikmalaya mengatakan, jika acara pasanggiri permainan anak tradisional ini mendapat animo besar dari masyarakat, maka selanjutnya bisa dijadikan ajang rutin tahunan.

Kegiatan melestarikan tradisi juga bisa menyenangkan, ya.

Written by Vitra AB

23/05/2011 pada 13:13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: