Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Ensiklopedi Tokoh Islam : dari Abu Bakr sampai Nashr dan Qardhawi.

leave a comment »

Buku ini memuat gagasan dan kontribusi 70 tokoh muslim paling berpengaruh pasca Muhammad Saw. Sebuah pencerahan dan karya amat berharga bagi peradaban Islam. ( Prof.Dr.Tariq Ramadan, guru besar studi Islam, Fribourg University, Swiss.

  • Penulis : Hery Sucipto ( wartawan dan alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir ).
  • Tebal : 408 hal, uk.154 x 235 mm, cet.I, 2003, Jakarta

Kegemilangan peradaban Islam tak saja telah mewarisi peradaban material seperti arsitektur masjid atau bangunan bersejarah. Lebih dari itu, Islam juga telah meninggalkan jejak spiritual dan kenangan atas orang2 yang sangat besar jasanya terhadap perkembangan Islam. Keharuman peradaban Islam tak pernah sepi dari para alim ( orang berilmu ) dan syahid ( pahlawan pembela agama ). Boleh dibilang, keberhasilan Islam menjadi salah satu tonggak peradaban dunia bukan saja karena ia bersandar pada doktrin suci ( Al-Quran dan Al-Sunah ). Akan tetapi, Islam juga telah melahirkan prototipe manusia2 ideal yang patut menjadi teladan.

Dari daratan Spanyol hingga anak benua India, telah lahir manusia2 pilihan yang karya-karyanya di berbagai bidang keilmuan masih bisa dinikmati hingga kini. Ribuan kitab dan manuskrip telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia seperti Inggris, Perancis, Urdu, Persia dan Indonesia. Atas jasa2 mereka, kegemilangan peradaban Islam sempat mengilhami masa pencerahan ( aufklarung ) di daratan Eropa. Hal itu telah banyak diakui sendiri oleh para sejarahwan dan Islamisis dari Barat seperti Philif K.Hitti atau William Montgomery Watt.

Buku ini merupakan karya ensiklopedis tokoh2 muslim sepanjang sejarah, dari berbagai bidang keilmuan dan aliran pemikiran. Tokoh2  tersebut diantaranya ; Ibnu Khaldun, Ibnu Arabi, Ibnu Rusyd, Sayyid Qutb, Taha Husain, Yusuf Qardhawi, Mohammed Arkoun, Hassan Hanafi, Nashr Hamid Abu Zayd, dan Sayyid Hossein Nashr.

Written by Vitra AB

05/12/2010 pada 00:41

Ditulis dalam buku agama

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: