Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Perancangan Kota Secara Terpadu.

leave a comment »

Teori perancangan kota dan penerapannya, ada dalam buku ini.


  • Penulis : Markus Zahnd
  • Tebal : 287 hal, uk.155 x 225 mm, cet.5, 2003, Yogyakarta
  • Harga : Rp 22.500

Berdasarkan kenyataan, pengertian urban space pada kebudayaan Eropa dianggap aktif ( ruang yang bertujuan membentuk massa ), sedangkan pada kebudayaan Indonesia cenderung pasif ( ruang sebagai akibat pembentukan massa ). Maka, pengertian tata ruang perkotaan ( urban fabric ) berbeda pula di antara 2 kebudayaan itu. Sama halnya dengan pengertian space dan place atau pengertian waktu secara linier atau sebagai saat yang menguntungkan.

Sesudah 65 tahun merdeka, pendidikan arsitektur tetap cenderung mengikuti pendidikan Barat. Konsep tata kota Barat sebaiknya tak ditiru begitu saja di lingkungan Asia. Oleh karena itu, teori perancangan kota dilengkapi contoh2 dari Indonesia. Dalam kerangka itu, Markus Zahnd, B.Sc, M.Arch ( ahlli tata kota Swiss ) mengaitkan pengaruh kebudayaan Barat dengan kebudayaan Timur dalam hubungan perancangan kota dan penerapannya. Tata kota masa kini sering kaku sehingga kualitas kota yang tumbuh terus menurun. Perancangan kota yang hanya berfokus pada gedung masing2 saja, akan gagal. Telah terbukti di banyak kota besar, terutama di negara2 yang sedang berkembang.

Semoga buku ini memperdalam pengertian tentang perancangan kota serta penerapannya. Pendekatan kontekstual yang memperhatikan kesinambungan perancangan kota dengan pendekatan kota ekologis. Dengan menghubungkan dinamika ekonomi, politik dan budaya, buku ini menuju masa depan.

Written by Vitra AB

12/05/2010 pada 00:00

Ditulis dalam buku arsitektur kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: