Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Perajin Cisayong : Membatik di Guci Kayu

leave a comment »

Siapa sangka batik tak hanya di baju, tapi juga menghiasi guci dan vas. Anti pecah lagi, karena terbuat dari kayu. Cantik, kan ?

Perajin asal Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya mahir melukis batik di guci2 besar dan kecil. Guci terbuat dari kayu pohon nangka dan mangga sehingga guci batik terlihat cukup eksentrik dan artistik. Beberapa corak batik pilihan perajin berorientasi batik tulis.

Karena batik tulis lebih variatif dibanding batik cap. Kami bisa lebih berkreasi, menciptakan corak batik tulis yang baru dan ditorehkan pada guci, ujar Ihsan ( 34 ), perajin batik pada guci di Pameran Produk Unggulan Nusantara di Asia Plasa, Kota Tasikmalaya, Senin ( 10/5/2010 ). Sebelum guci dibuat, perajin mesti selektif memilih bahan baku batang kayu pohon nangka atau mangga. Harus mulus, tidak lapuk, kondisi kayu kering dan tidak pecah2. Setelah tersedia, mulai proses pembubutan dan penghalusan. Satu mesin bubut bisa membuat 10 guci ukuran besar per harinya.

Proses pengukiran motif batik dimulai setelah guci diampelas halus. Melukis batik pada guci menggunakan cat kayu, agar mudah mengilapkan guci dengan bahan yang hampir sama dengan cat. Soal motif batik, tidak mesti perajin yang berkreasi. Beberapa supplier memberi corak batik pada perajin. Motif tersebut tak jarang menginspirasi perajin membuat corak batik yang baru.

Pasar guci batik sudah merambah Jakarta. Ada yang dimodifikasi menjadi kendang Betawi. Ihsan bersama rekannya memajang sekitar 15 guci batik berbagai ukuran dan corak pada pameran tsb. Tak sedikit pengunjung yang tertarik. Ihsan berpromosi guci indah hasil karyanya  anti pecah, karena terbuat dari kayu dan bobotnya ringan.”Kalau ada gempa, tidak usah khawatir akan pecah jika jatuh,”katanya. Sentra produksi guci batik ini berada di Desa Pagendingan, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. ( PR, 11/5/2010 )

Written by Vitra AB

12/05/2010 pada 00:14

Ditulis dalam benda seni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: