Kota Manusia

seni tradisi dihidupkan, baca buku digiatkan

Koordinasi hambat pemasaran kota. Jabar belum punya branding.

leave a comment »

Bandung di-branding sebagai kota kreatif. Kalau Jawa Barat, apa ya ? Punya ide ?

Pemasaran kota di Jawa Barat, khususnya Bandung, terkendala minimnya koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ). Setiap SKPD dinilai bergerak masing2 tanpa rantai organisasi yang terkoordinasi.”Pemasaran kota harus dilakukan secara terpadu, dengan mengusung keunikan setiap daerah,” ujar President Indonesia Global Compact Network ( ICGN ) and President Asia Marketing Federation, Y.W. Junardy , pada Seminar Green City Marketing di Jawa Barat dan Pelantikan Dewan Penasihat dan Pengurus Indonesia Marketing Association ( IMA ) Chapter Jawa Barat di Ballroom Hotel Golden Flower, Bandung.

Bandung telah menjadi ikon Jawa Barat. Keunggulan ini harus digali, ditonjolkan dan dipromosikan secara terintegrasi. Sayangnya, selama ini SKPD di Jabar, termasuk Bandung, bergerak sporadis. Pemasaran daerah dan kota belum terintegrasi, kata Popy Rufaidah, Vice President IMA Chapter Jabar. Pemasaran kota jangan diartikan mengundang pendatang hingga membuat pribumi tergeser. Pemasaran harus diartikan sebagai penawaran keunggulan lokal untuk menarik banyak investor.

Selama ini, pemasaran Jabar memang terhambat koordinasi antar SKPD, aku  Agus Gustiar, Kepala Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah ( BKPPMD ) Jabar. Namun, pihaknya sudah memiliki konsep pemasaran sebagai region champion, walau belum maksimal. Sedang mengarah ke sana. Tidak sebatas pelaku, pemerintah akan bersinergi dengan semua unsur terkait. Untuk memasarkan Jabar, H.Januar P.Ruswita,  President IMA Jabar, akan menempatkan IMA Chapter Jabar sebagai mitra BKPPMD. Sebagai langkah awal, IMA Chapter Jabar akan bersinergi melakukan pemetaan potensi daerah di Jabar.

“Kelemahan Jabar belum memiliki branding. Potensi sangat besar, tetapi belum terolah baik. Sebagai organisasi independen, IMA akan bersinergi dengan pemerintah untuk membantu pemasaran. Ke depan, Jabar memiliki konsep jendela pemasaran. Misalnya, ruang pamer produk kreatif yang mengusung kearifan lokal. ( PR,24/5/2010 )

Written by Vitra AB

12/05/2010 pada 22:53

Ditulis dalam branding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: